PSDO : Kokoh dan Terpercaya

PSDO (red: Pengembangan Sumber Daya Organisasi) adalah salah satu kementrian di BEM REMA UPI kabinet UPI Berkarya. Dari namanya saja bisa ditebak apa tugas dan peran Kementrian PSDO di BEM REMA UPI ini. Yups! Kaderisasi…!!! Kata tersebut sudah tak asing lagi bagi kita sebagai mahasiswa. Layaknya amoeba yang terus membelah diri dan menurunkan sifat-sifatnya, itulah kaderisasi.

Kementrian ini tidak hanya fokus terhadap pengkaderan pada mahasiswa baru saja, namun juga mahasiswa lama pun harus diperhatikan. Karena kaderisasi bersifat kontinu, sehingga tidak boleh terputus begitu saja. Singkat cerita, kementrian ini bertugas untuk mengkader para mahasiswa baru dan juga menjaga dan mengembangkan kualitas kader yang sudah ada.

Apakah hanya kaderisasi saja tugas dari PSDO???

Oooowhhh… Tidaaaakkk…! Itu hanya salah satu dari tugas pokok PSDO. Lalu? Apa lagi? Kementrian PSDO juga bertugas untuk melakukan sejumlah kajian-kajian terkait proses kaderisasi yang baik, peningkatan kualitas kader, UU  pengkaderan, selain itu PSDO juga merupakan kepanjangan dari presiden dan wakil presiden dalam bidang kontroling, monitoring juga kajian tentang kepengurusan dan kebutuhan mahasiswa. Jadi, PSDO tidak hanya bekerja di depan layar sebagai pasukan terdepan dalam pengkaderan, tapi juga di belakang layar sebagai para “ilmuwan” organisasi.

 

SIAPA SAJA MEREKA?

Terdiri dari 17 personil dari rumpun ilmu yang berbeda. Namun, tak menjadikan suatu penghalang bagi kementrian ini untuk bekerja sama secara kompak dan saling bahu membahu melaksanakan kewajibannya.

Diwasiti oleh seorang menteri dengan dua orang hakim garis yang disebut dengan dirjen (red: direktur jenderal). Mereka bertiga bekerja bersama-sama untuk mengatur jalannya permainan antara kedua tim, tim pertama yaitu dirjen kaderisasi dengan tim kedua yaitu dirjen litbang (red: penelitian & pengembangan).

Siapakah sang menteri PSDO tersebut?

Muhammad Mabrudy, mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika ini diamanahi sebagai Menteri PSDO Kabinet UPI Berkarya. Beliau sudah banyak memakan asam garam manis dan pahitnya berkecimpung di dunia kaderisasi. Terbukti dengan sudah banyaknya kader yang tercipta dari tanyannya (lebay!). Meskipun sekarang sudah menginjakkan kakinya di tahun ketiga kuliah, beliau masih bersemangat untuk terus mencetak kader-kader yang militant.

Berlanjut ke dua dirjen PSDO, yaitu dirjen kaderisasi dan dirjen litbang. Dirjen kaderisasi didirekturi oleh Afifudin, lagi-lagi Jurusan Pendidikan Fisika 2008 dan Ersan Yuda M. mahasiswa Kimia 2008 yang membawahi dirjen litbang.

Dibawahnya terdapat prajurit-prajurit yang senantiasa siap siaga pada barisannya masing-masing. Barisan kaderisasi meliputi Faisal Sadam (PKN’09), Muhammad Andhis (IPAI’09), Ricky Kamaludin (Matematika’08), Cahya Gumilar (Kimia’08), Evi Nuraprianti (Matematika’08), Eka Sasanova (Perancis’09), Tia Wulandari (IPS’09) dan Novitaita (PKN’09). Sementara di barisan litbang ada Misli (PMP’08), Muhammad Muhajirin (PPB’09), Muhammad Ardi (Ekop’09), Muhammad Isha (IPSE’09), Gina (PKN’09) dan Nuri (PGSD’09).

Namun pada hakikatnya PSDO tidak berjalan dengan 17 orang diatas, PSDO pada hakikatnay hanya bisa berjalan dengan bantuan pengurus yang lain dan dengan bantuan seluruh mahasiswa UPI, PSDO bukan untuk pengurus tetapi PSDO untuk seluruh mahasiswa UPI begitu juga kementrian yang lain.

Perihal bemremaupi
Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: