Kementerian Keuangan

Kementerian keuangan merupakan salah satu kementerian yang ada di BEM REMA UPI kabinet “UPI berkarya dan mengabdi”. Seperti kabinet-kabinet sebelumnya kementerian keuangan juga di bentuk untuk melayani seluruh mahasiswa UPI tanpa terkecuali.

Tahun ini, kementerian keuangan beranggotakan Sembilan orang pengurus, dengan menterinya  yaitu Tri Renaningsih dari Jurusan Pendidikan Akuntansi 2008; dua orang Direktur Jenderal, Dirjen Internal yaitu Gina Nurinnadia dari Jurusan Pendidikan Matematika 2008, dan Dirjen Eksternal yaitu Nurani Darmawan dari pendidikan Biologi 2008.

Kementrian Keuangan yang tidak lagi mengelola keuangan mahasiswa jurusan, dalam hal ini pembagian IUK mahasiswa baru, tidak mengurangi semangat kami untuk tetap melayani. Kami tetap akan melayani dengan bentuk lain, seperti memberikan pelatihan berkaitan dengan bentuk APBO, SPTB, dan berbagai laporan keuangan lainnya sesuai dengan ketentuan atau standar yang ada. Selain itu, kami juga berperan aktif dalam mengawasi dan memantau tercapai atau tidaknya penyaluran iuran kemahasiswaan yang dikelola oleh masing-masing fakultas. Kami juga menampung dan membantu  mencari jalan keluar atas permasalahan keuangan yang dihadapi oleh tiap ormawa.

Kementerian keuangan saat ini, selain mengelola keuangan internal BEM, juga mengelola dan menyalurkan keuangan UKM. Dalam menjalankan sistem kerjanya, kementerian keuangan tetap berkoordinasi dan bersinergi dari berbagai pihak, diantaranya pihak birokrasi, himpunan-himpunan, dan UKM.  Kami berusaha untuk menampilkan transparansi dan akuntabilitas keuangan yang dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi.

Dibawah ini merupakan berbagai program kerja keuangan:

  • Ø Pembuatan APBO
  • Ø Revisi UU Keuangan
  • Ø Pengelolaan dan Pencairan dana IUK eksternal
  • Ø Pengelolaan dan Pencairan dana IUK Internal
  • Ø Perencanaan sistem pengelolaan IUK
  • Ø Pembuatan Laporan Keuangan
  • Ø Pengelolaan IUK mahasiswa lama tambahan
  • Ø Audit Internal
  • Ø Pembuatan Kelengkapan Administrasi

Perihal bemremaupi
Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: