Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM): Mengabdi untuk Negeri, Berkarya Bersama Bangsa

HIDUP MAHASISWA…..!!!!!

Dalam dunia civitas akademika, khususnya di kampus Bumi Siliwangi, tentu seruan untuk melaksanakan pengabdian dan pengajaran kepada masyarakat bukan lagi hal asing. Memang begitulah seharusnya kita, kaum intelektual, sebagai bagian dari negara dan masyarakat memiliki kewajiban dan tanggungjawab atas maju-mundurnya bangsa ini. Dan diranah itulah Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM) BEM REMA UPI berada. Sebuah wadah sederhana yang berusaha mewujudkan sebuah cita-cita luhur yaitu mengabdi untuk negeri, berkarya bersama bangsa.

Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM) BEM REMA UPI ini merupakan sebuah kementerian baru yang memiliki tanggungjawab yang luar biasa. KPPM baru dibentuk dikepengurusan tahun ini, tepatnya dikepengurusan Kabinet UPI Berkarya. Visi dari Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM) adalah Menjadikan BEM REMA UPI sebagai wadah untuk membangun sinergisitas dan kreatifitas dalam rangka mengabdi dan berkarya. Misi KPPM sendiri tersirat dalam program kerja yang dicanagkan oleh kementerian ini. Secara kuantitas Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM) terdiri dari 9 personil, yaitu : Arinda Putri Ekawati (Menteri KPPM-Jurdik Sejarah 2008), Dara Nurul Istiqomah (Staff KPPM-Jurdik Matematika 2008), Simiati Nurwakhidin (Staff KPPM-PLS 2009), Agung Indra Pratama (Staff KPPM-Jurdik Seni Tari 2008), Ari Raharja (Staff KPPM-Jurdik Kimia 2008), Abdul Ghofur (Staff KPPM-Jurusan Ilmu Komputer 2009), Sufi Ainun Farhah (Staff KPPM-PLB 2008), Tri Rizkiana (Staff KPPM-Jurdik Biologi 2008), Aris Fadly (Staff KPPM-Jurdik PKn 2009).

Meskipun selama ini kita seringkali melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat (P2M atau PPM) baik itu ditingkat ormawa jurusan, maupun universitas, akan tetapi terkadang kita melihat bahwa kegiatan pengabdian tersebut seringkali belum atau bahkan tidak terarah dengan baik, sehingga hasil akhirnya dirasa belum optimal. Bahkan tidak jarang kegiatan itu belum ada follow-up atau tindak lanjut yang jelas. Sehingga yang terjadi adalah kegiatan pengabdian pada masyarakat (P2M atau PPM) seringkali selesai dalam hitungan hari atau minggu dan dalam pelaksanaannya pun kadang tidak mengacu kepada acuan yang pasti.

Melihat kenyataan yang demikian, tanpa mengenyampingkan keberadaan departemen atau bidang sosial-kemasyarakatan diberbagai tingkat ormawa di kampus UPI, maka di sinilah salah satu tugas besar dari Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM) BEM REMA UPI untuk bersama-sama dengan seluruh ormawa menyelaraskan setiap kegiatan P2M atau PPM baik ditingkat ormawa jurusan maupun universitas agar memiliki panduan pelaksanaan kegiatan pengabdian yang terarah, fokus, dan berkesinambungan tanpa mengabaikan karakteristik khas dari setiap ormawa maupun jurusan masing-masing. Maka untuk mewujudkan hal tersebut KPPM berusaha menjadi lokomotif bagi setiap kegiatan pengabdian pada masyarakat disetiap tingkat ormawa di kampus UPI, tentu dengan menjalin koordinasi dan komunikasi bersama seluruh ormawa yang berada dalam wadah REMA UPI.

Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM) ini pun tidak hanya akan bekerja sendiri. Tentu saja dalam mengaplikasikan berbagai kegiatan atau program kementeriannya akan melibatkan banyak pihak, ormawa (HMJ dan UKM) serta LSM dan ormas terkait. Berbagai program yang dilaksanakan oleh Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM) ini sebisa mungkin senantiasa menggali karakteristik kampus UPI sebagai kampus pendidikan. Dan hal inipun diharapkan dapat diwujudkan oleh semua ormawa di kampus UPI melalui koordinasi dan komunikasi yang intens dan solid dalam merumuskan panduan kegiatan P2M atau PPM yang dilaksanakan oleh mahasiswa UPI itu sendiri.

Adapun beberapa program kerja yang dicanangkan di Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM) BEM REMA UPI adalah :

1. Gerakan Mahasiswa Tanggap dan Peduli Bencan (Gema Lencana)

Program ini ada sebagai jawaban atas maraknya bencana alam yang terjadi di lingkungan masyarakat kita hari ini. Maka kita, mahasiswa pun harus ikut serta dalam menyikapi setiap bencana yang terjadi. Sehingga diharapkan GEMA LENCANA ini bisa menjadi wadah bersama bagi seluruh civitas akademika UPI untuk peka terhadap lingkungan sosial masyarakat dan menjadi media untuk melakukan kegiatan bakti sosial.

2. Workshop Pengabdian Pada Masyarakat (WPPM)

Pelaksanaan workshop ini dimaksudkan sebagai wadah sosialisasi panduan baku kegiatan P2M atau PPM diberbagai tingkat ormawa di kampus UPI. Sehingga pelaksanaan kegiatan P2M atau PPM ini dapat lebih fokus, terarah dan selaras disetiap tingkatan ormawa yang ada sebagaimana sudah diulas di atas.

3. Training Mitigasi Bencana (Tagana)

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pembekalan bagi mahasiswa UPI dalam upaya penanggulangan bencana alam yang saat ini sangat rentan terjadi. Sehingga diharapkan mahasiswa UPI memiliki keterampilan dalam mengelola lingkungan dan bencana, baik di lingkungan sendiri maupun ketika melaksanakan kegiatan P2M atau PPM.

4. Rumah Kreasi Bumi Siliwangi (RKBS)

RKBS merupakan sebuah program jangka panjang dan berkelanjutan. Dimana dalam proses realisasi dan pengelolaannya akan melibatkan seluruh komponen ormawa di kampus UPI. RKBS merupakan wadah pendidikan softskill bagi anak-anak usia produktif sekolah (khususnya tingkat usia Sekolah Dasar) yang putus sekolah. RKBS merupakan bukti nyata bakti kampus pendidikan untuk pendidikan di Indonesia.

Empat program tadi merupakan program yang dicanangkan oleh KPPM BEM REMA UPI yang tentu saja tidak akan mudah terlaksana tanpa adanya sinergisitas yang solid antara BEM REMA UPI dengan kawan-kawan di ormawa. Sebuah kebanggaan sekaligus sebuah tanggungjawab besar bagi kita, civitas akademika dalam melaksanakan pengabdian dan pengajaran pada masyarakat, karena sesungguhnya kerja-kerja kita, disadari atau tidak adalah kerja-kerja untuk membangun negara dan bangsa. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan peduli pada Indonesia????

Sungguh, cita-cita mulia ini hanya akan mampu diemban oleh anak-anak bangsa yang berhimpun, bergandeng tangan menyatukan kreatifitas dan inovasinya dalam satu tekad, terwujudnya Indonesia yang lebih baik. Dari kampus UPI, mari kita melangkah bersama, mengawali perubahan nyata.

HIDUP MAHASISWA…..!!!!!

Perihal bemremaupi
Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: