Kementrian Luar Negeri “cerdas, elegan, diplomatis”

Kementrian Luar Negeri (Kemenlu)  adalah salah satu kementrian yang ada di kabinet UPI berkarya, periode 2011. Kementrian ini dibentuk oleh presiden dan wakil presiden REMA UPI sebagai satu kesatuan utuh, menuju kepada visi misi yang ada. Dengan visinya Menjadikan Kemenlu BEM REMA UPI sebagai garda terdepan dalam perjuangan pendidikan serta penyikapan isu nasional maupun daerah secara sinergis dan aktif. Juga misinya membuka jaringan seluas–luasnya dengan pihak terkait, membudayakan kajian sebagai langkah awal pergerakan, membuat blue print pendidikan Indonesia, memasifkan gerakan Jawa Barat, menjadikan BEM REMA UPI sebagai koordinator isu pendidikan BEM SI. Kementrian ini baru menetas pada kepengurusan periode sekarang. Jika kita kroscek ke masa lalu, Kementrian Sosial Politik (SosPol) yang mengurusi masalah luar negeri kampus. Pada tahun ini, tugas Kementrian SosPol kemarin dibagi menjadi 3 kementrian, salah satunya adalah kementrian luar negeri bem rema upi. Agar lebih terfokuskan ranah kerjanya.

Kemenlu BEM REMA UPI kerjanya apa sih? Kok yang terlihat hanya sekedar demo saja? Kemenlu memiliki ranah kerja yang sangat luas, tidak sekedar demonstrasi saja. Motto kami adalah cerdas, elegan, diplomatis. Cerdas disini berarti kami mengawali pergerakan dengan pendekatan ilmiah berupa kajian–kajian yang berisi tentang kebijakan pendidikan serta kebijakan nasional. Budaya kajian yang sudah mulai memudar dikalangan mahasiswa ini menjadi salah satu fokus utama kami, bahwasannya dalam bergerak kita haruslah paham terlebih dahulu, baru kemudian kita bisa mengambil sikap terhadap suatu kebijakan. Kedua, elegan, kami bergerak secara sistematis, cantik dan rapih, tidak gradakan. Terakhir, diplomatis, bahwasannya dalam visi kami tertuang kata sinergis, dimana kami akan membangun jaringan dengan pihak–pihak yang bisa bekerja sama dengan kami.

Dalam menjalankan tugas ini, Kemenlu mempunyai tim yang solid, saling membantu dan bekerja nyata untuk menjalankan program-program yang ada. Kita kenalan yuk sama pengurus bem rema upi di kementrian luar negeri, kita mulai dari menterinya yah :

Mentri Luar Negeri, Aby dzar, mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, 2008. Sekertaris Kementrian, Kamilah Kurnia Nurlalei, dari Jurusan Pendidikan Fisika, 2008. Kemenlu memiliki dua ranah kerja yaitu Hubungan Luar Negeri & Pusat Kajian Pendidikan dan Kebijakan Nasional (PKPKN). Pada bagian Hubungan Luar Negeri, kami memiliki fighter yang tangguh, mulai dari Lilis Chotimah dari Jurusan Pend. Matematika, Vera Musfiroh dari Jurusan Pendidikan Kimia, Julia Artati dari Jurusan Pendidikan Fisika, Novan Nor Pratama dari Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, Andri Tri Saputra dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Hedik Sodikin dari Jurusan Administrasi Pendidikan. Selanjutnya beranjak ke PKPKN yang sifatnya semi BSO, berada di bawah Kementrian Luar Negeri.

Perihal bemremaupi
Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: