UPI PEDULI GARUT SELATAN

Oleh Arinda Putri Ekawati*
6 Mei 2011 bencana kembali menimpa Jawa Barat, tepatnya di daerah Garut Selatan. Bencana banjir bandang dan tanah longsor ini terhitung bencana besar, tidak hanya rumah warga saja yang rusak, tetapi juga bencana ini sampai menelan korban jiwa. Menyikapi terjadinya bencana di daerah Garut Selatan ini, maka UPI kembali bergerak menggalang bantuan untuk meringankan beban saudara-saudara di Garut Selatan. Desa Cikelet, Desa Cijambe dan Pameungpeuk adalah daerah-daerah yang mengalami kerusakan cukup parah. Bencana ini menelan 3 warga desa Cikelet. Banjir bandang ini terjadi akibat dari penggundulan hutan dan perbukitan yang ada di hulu sungai, karena ketika banjir terjadi banyak kayu gelondongan yang terseret air.
Dengan melihat kondisi yang demikian, maka terhitung tanggal 9 Mei 2011 sampai dengan 13 Mei 2011 BEM REMA UPI membuka Posko Peduli Garut yang dikoordinir langsung oleh Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (KPPM) BEM REMA UPI sebagai bagian dari pelaksanaan GEMA LENCANA (Gerakan Mahasiswa Tanggap dan Peduli Bencana). Dalam penggalangan bantuan ini KPPM BEM REMA UPI bekerja sama dengan ormawa se-UPI. Hasil dari penggalangan bantuan ini dana terkumpul Rp. 4.791.650 yang kemudian dialokasikan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan oleh warga di tempat bencana yaitu piring, gelas, sendok, sikat cuci, deterjen, pasta gigi, sabun mandi, sikat gigi, beras, dan dibelanjakan pula untuk membeli kantong kresek serta kardus untuk tempat packing barang. Dana yang dibelanjakan mencapai Rp. 4.016.000, dan dana yang tersisa Rp. 775.650 yang kemudian dikelola sebagai dana sosial. Bantuan yang masuk ke Posko Peduli Garut tidak hanya berupa dana saja, akan tetapi juga berupa palapak (pakaian layak pakai) yang setelah dipacking mencapai 6 kardus besar, sembako sendiri dibuat menjadi 94 paket.
Pendistribusian bantuan ini dilakukan pada hari Minggu, 15 Mei 2011 bekerja sama dan digabungkan dengan bantuan dari teman-teman KAMMI Daerah Garut yang kemudian disalurkan langsung oleh teman-teman BEM REMA UPI dan teman-teman KAMMI Daerah Garut kepada masyarakat yang berada di Desa Cikelet dan Desa Cijambe yang mengalami kerusakan yang cukup parah dan kekurangan pasokan sembako. Alhamdulillah bantuan terdistribusikan.
Terimakasih kepada semua ormawa, mahasiswa dan semua pihak terkait yang telah bersinergi untuk membantu saudara-saudara di Garut Selatan. Tetap semangat mengabdi untuk negeri, berkarya bersama bangsa. Hidup mahasiswa !!!!!
*Menteri KPPM BEM REMA UPI

Perihal bemremaupi
Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: